Macam-Macam Resep Masker Minyak Zaitun

Masker Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan jenis minyak nabati yang mengandung nutrisi paling tinggi dalam bentuk vitamin dan mineral. Selain itu, minyak ini juga rendah kolesterol dan rendah lemak. Sebagai bahan baku produk kecantikan, minyak zaitun kaya akan vitamin E yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Vitamin E merupakan zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari patikel-partikel yang dapat merugikan kesehatan. Salah satu cara untuk memetik nilai manfaat dari vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun adalah dengan mengaplikasikannya sebagai masker. Berikut ini adalah beberapa resep masker minyak zaitun:

1.    Minyak zaitun untuk kesehatan kulit tubuh
Untuk menjaga kelembaban dan kehalusan kulit, Anda dapat menggunakannya sebagi lulur untuk pengelupasan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit.. Campurkan minyak zaitun dengan garam dan gula lalu balurkan ke seluruh tubuh. Tunggu sampai mengering lalu bersihkan. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun sebagai masker tubuh ke seluruh bagian kulit yang diindikasi mengalami kekeringan.
2.    Minyak zaitun untuk kesehatan kulit wajah
Sebelum tidur, kulit wajah harus dibersihkan dari kotoran dan sisa-sisa kosmetik. Minyak zaitun pun dapat dimanfaatkan sebagai pembersih wajah. Selain membersihkan, minyak ini juga dapat mencegah kulit wajah kering. Teteskan beberapa tetes minyak zaitun pada kapas, lalu usapkan pada wajah sampai wajah benar-benar bersih dan sisa kosmetik telah hilang. Ulangi sekali lagi jika diperlukan. Sebagai masker wajah, Anda dapat mengkombinasikan minyak zaitun dengan bahan lain. Untuk membasmi jerawat, buatlah pasta campuran minyak zaitun dan garam. Masker minyak zaitun dicampur oatmeal dan air perasan lemon bermanfaat untuk membuat kulit kusam menjadi lebih cerah dan melembabkan kulit. Anda dapat menambahkan putih telur pada campuran tadi untuk mengencangkan kulit wajah.
3.    Minyak zaitun untuk kesehatan rambut
Khasiat minyak zaitun bagi kesehatan kulit kepala dan rambut sangat besar. Selain dapat menebalkan rambut, minyak zaitun terbukti mampu menumpas ketombe dan kutu. Lumuri kulit kepala dengan minyak zaitun sambil dipijat-pijat perlahan. Kemudian bungkus rambut dengan handuk atau topi keramas plastik. sebagai losion, minyak zaitun bermanfaat menyehatkan rambut terutama rambuk yang mengalami kerusakan dan kerontokan.

4.    Masker minyak zaitun kombinasi lainnya:
  • Kombinasi minyak zaitun dan minyak almond untuk menghilangkan ketombe dan kutu rambut.
  • Kombinasi minyak zaitun dan telur untuk membuat rambut terlihat mengembang dan berkilau.
  • Kombinasi minyak zaitun dan alpukat untuk melembabkan rambut.
  • Kombinasi minyak zaitun, biji lemon dan lada. Haluskan biji lemon dan lada kemudian campurkan dengan minyak zaitun. Campuran ini berkhasiat untuk menyuburkan dan memanjangkan rambut.