Beberapa Jenis Minyak Zaitun

Jenis Minyak Zaitun
Beberapa kisah menceritakan bahwa minyak zaitun adalah minyak suci yang telah digunakan sejak jaman Mesir. Kisah yang lain menyebutkan bahwa berdasarkan sejarah, manusia telah mengkonsumsi minyak zaitun sejak era Yunani Kuno. Terlepas dari kisah mana yang benar-benar otentik, minyak zaitun terbukti sebagai primadona dari abad ke abad. Minyak yang berasal dari buah zaitun ini memang sangat spesial karena memiliki kandungan vitamin dan mineral serta segudang manfaat yang tak lekang oleh waktu.

Meskipun hampir seluruh jenis minyak zaitun bermanfaat, namun nilai manfaat minyak zaitun tergantung pada jenis minyak zaitun. Berikut ini beberapa jenis minyak zaitun berdasarkan kualitasnya :

·    Extra Virgin Olive Oil
Dihasilkan dari proses ekstrak atau pemerasan pertama melalui proses Cold Press (perasan dingin). Artinya buah zaitun tidak mengalami proses pemanasan seperti dicelup dalam air panas. Harga minyak Extra Virgin lebih mahal karena berasal dari buah zaitun dengan kualitas nomor satu. Kandungan vitamin dan mineralnya masih alami dan lengkap sehingga dapat dikonsumsi langsung. Kadar keasamannya seimbang dengan rasa, aroma dan warnanya.
·    Virgin Olive Oil
Minyak jenis ini dihasilkan melalui proses perasan dingin namun dari ekstrak atau perasan kedua. Tingkat keasamannya lebih tinggi. Minyak zaitun jenis ini dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan salad dressing.
·    Fino Olive Oil
Minyak zaitun jenis ini merupakan hasil percampuran Extra Virgin dan Virgin.
·    Pure Olive Oil
Minyak jenis ini merupakan minyak zaitun hasil penyulingan. Harganya lebih ekonomis dan terjangkau dibandingkan harga Extra Virgin namun kandungan nutrisinya lebih rendah. Minyak zaitun jenis Virgin ditambahkan untuk menambah dan memperkuat rasa. Minyak jenis ini biasa digunakan untuk memasak.
·    Extract Dan Refined Olive Oil
Walaupun dihasilkan dari perasan pertama, namun jenis minyak zaitun ini diproses secara kimia. Untuk memperkuat rasa minyak, Minyak zaitun jenis Virgin ditambahkan ke dalamnya.
·    Extra Light Dan Light Olive Oil
Minyak zaitun jenis ini merupakan hasil pemurnian dari hasil ekstrak atau perasan minyak zaitun yang berkualitas rendah. Aromanya tidak setajam aroma minyak zaitun jenis Extra Virgin dan Virgin. Harga yang dibanderol untuk kedua jenis minyak ini cukup murah. Kualitas kedua jenis minyak ini pun berbeda-beda, dapat dikenali berdasarkan perbedaan aroma, rasa dan warna.
·    Pomace
Residu minyak zaitun yang tersisa dari proses perasan kedua tidak dibuang begitu saja tapi mampu diproses kembali. Jenis minyak zaitun ini diproses secara kimia dan ditambahkan minyak Virgin untuk memperkuat rasanya. Biasa dijadikan bahan baku kosmetik, shampoo, sabun dan lainnya.